Pengertian Media Sosial
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya
bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog,
jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki
merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di
seluruh dunia.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan
media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun
di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan
dan pertukaran user-generated content”
Klasifikasi Media Sosial
Media sosial teknologi mengambil berbagai bentuk termasuk majalah,
forum internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, podcast, foto atau
gambar, video, peringkat dan bookmark sosial. Dengan menerapkan satu set
teori-teori dalam bidang media penelitian (kehadiran sosial, media kekayaan)
dan proses sosial (self-presentasi, self-disclosure) Kaplan dan Haenlein
menciptakan skema klasifikasi untuk berbagai jenis media sosial dalam artikel
Horizons Bisnis mereka diterbitkan dalam 2010. Menurut Kaplan dan Haenlein ada
enam jenis media sosial.
1) Proyek Kolaborasi
Website mengijinkan
usernya untuk dapat mengubah, menambah, ataupun menghapus konten-konten yang
ada di website ini. Contohnya Wikipedia.
2) Blog dan microblog
User lebih
bebas dalam mengekspresikan sesuatu di blog ini seperti curhat ataupun mengkritik
kebijakan pemerintah. Contohnya twitter.
3) Konten
Para user dari
pengguna website ini saling membagi konten-konten media, baik seperti
video, ebook, gambar, dan lain-lain. Contohnya YouTube.
4) Situs jejaring sosial
Aplikasi yang
mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi
sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi itu bisa
seperti foto-foto. Contohnya facebook.
5) Virtual game world
Dunia virtual,
dimana mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana userbisa muncul dalam
bentuk avatar–avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain
selayaknya di dunia nyata. Contohnya game online.
6) Virtual social world
Dunia virtual yang
dimana penggunanya merasa hidup di dunia virtual, sama seperti virtual
game world, berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social
World lebih bebas, dan lebih ke arah kehidupan, Contohnya second
life.
Ciri-ciri Media Sosial
Media sosial mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1)
Pesan yang disampaikan
tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya
pesan melalui SMS ataupun internet.
2)
Pesan yang
disampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
3)
Pesan yang
disampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
4)
Penerimaan pesan
yang menentukan waktu interaksi
Perkembangan Media Sosial
a)
1978 Awal
dari penemuan Sistem papan buletin yang memungkinkan untuk dapat
berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik ,
ataupun mengunggah dan mengunduh Perangkat lunak ,
semua ini dilakukan masih dengan menggunakan salurantelepon yang
terhubung dengan modem
b)
1995 Kelahiran
dari situs GeoCities, situs
ini melayani Web Hosting yaitu
layanan penyewaan penyimpanan data - data website agar halaman website tersebut
bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari
berdirinya website - website lain.
c)
1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun
sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang
juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di
anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di bandingClassmates.com
d)
1999 Muncul
situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger.
situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri.
sehingga pengguna dariBlogger ini bisa memuat hal tentang apapun.
termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di
katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
e)
2002 Berdirinya Friendster,
situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan
sebuah media sosial menjadi fenomenal.
f)
2003 Berdirinya LinkedIn,
tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari
pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.
g)
2003 Berdirinya MySpace,
MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya,sehingga myspace di katakan
situs jejaring sosial yang user friendly.
h)
2004 Lahirnya Facebook,
situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah
satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
i)
2006 Lahirnya Twitter,
situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari
Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini
yang hanya di batasi 140 karakter.
j)
2007 Lahirnya Wiser,
situs jejaring social pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan
Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori
online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik
dilakukan individu maupun kelompok.
k)
2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan
situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran.
google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu
google+ di luncurkan secara umum.
Pertumbuhan Media Sosial
Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang
seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional
seperti televisi, radio,
atau koran dibutuhkan
modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang
pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan
internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat
mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas
bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis,
dan berbagai model content lainnya.
Menurut Antony Mayfield dari iCrossing,
media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa
yang saling membagi ide,
bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat,
menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun
sebuah komunitas.
Intinya, menggunakan media sosial menjadikan kita sebagai diri sendiri. Selain
kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri
sendiri dalam media sosial adalah alasan mengapa media sosial berkembang pesat.
Tak terkecuali, keinginan untuk aktualisasi diri dan
kebutuhan menciptakanpersonal branding.
Perkembangan dari media sosial ini sungguh pesat, ini bisa di lihat
dari banyaknya jumlah anggota yang di miliki masing - masing situs jejaring sosial ini, berikut tabel jumlah
anggota dari masing - masing situs yang di kutip dari (August E. Grant:297)
pada 1 mei 2010.
Berikut ini adalah 10 jejaring sosial yang sedang naik daun dan
memiliki reputasi yang tinggi di kalangan anak muda. Mungkin sebaiknya anda
harus pertimbangkan untuk meng-install aplikasi-aplikasi ini di
smartphone anda segera.
Secret adalah
platform bagi user untuk berbagi apa yang mereka rasakan dan
pikirkan secara anonimus alias tidak diketahui oleh orang lain. Semua rahasia
yang dibagikan dalam aplikasi ini bersumber dari teman Facebook anda atau orang
yang anda di kontak anda, tanpa anda tahu siapa mereka. Cocok sekali untuk
orang yang ingin berbagi rahasia tetapi tidak ingin diketahui oleh orang lain.
Curhat dalam mode incognito.
Shots adalah
aplikasi mobile bagi orang-orang yang suka melakukan selfie. Jika
anda termasuk orang-orang ini, itu berarti aplikasi ini harus anda coba install.
Anda bisa berbagi foto selfie ke teman-teman anda.
Let me take a selfie!
Aplikasi ini hanya tersedia di iOS. Versi Android akan segera menyusul.
Siapa yang tidak
tahu ketenaran Snapchat di kalangan anak muda zaman sekarang? Snapchat adalah
aplikasi berbagi foto dan video ke orang lain. Uniknya, anda bisa menetapkan
batas waktu untuk berapa lamanya foto dan video ini bisa dilihat oleh teman
atau siapapun orang yang melihat foto dan video yang anda share dalam
aplikasi ini sebelum foto/video tersebut menghilang.
Sebagai contoh, jika
anda menetapkan waktu selama 5 detik, maka foto dan video yang andashare ini
akan menghilang setelah 5 detik dilihat oleh orang lain. Bagaimana? Seru bukan?
FYI, Instagram juga
ingin menyaingi Snapchat dengan merilis fitur Direct Message yang sudah bisa
anda gunakan sejak beberapa bulan yang lalu.
Sama seperti
pesaingnya seperti LINE dan Kakaotalk, Wechat adalah aplikasi untuk berkirim
pesan dalam bentuk teks maupun suara. Selain itu anda juga bisa melakukan
panggilan gratis ke sesama teman Wechat anda menggunakan koneksi internet.
Tidak hanya itu, anda juga bisa berbagi foto dan video, membuat grup chatting bersama
teman-teman anda dan menemukan orang yang juga menggunakan Wechat yang ada di
dekat anda.
Sesuai dengan nama
aplikasi mobile ini, We Heart It adalah platform bagi anda yang ingin menemukan
gambar-gambar yang mengagumkan, pemandangan yang indah, quote yang
menginspirasi, fashion, dan gambar-gambar bernilai artistik yang tinggi
lainnya. Anda jugabisa menyimpan gambar favorit anda dan menjadikannya wallpaper di
smartphone anda. User bisa memberikan “heart” pada foto kesukaan mereka dan
men-tag teman mereka di foto.
Tahun 2015 masih
jomblo? Gak punya pacar? Mungkin Tinder bisa membantu anda untuk menemukan
pasangan yang cocok dengan anda. Bagaimana caranya? Tinder akan menampilkan
foto dan informasi dasar dari akun Facebook anda dalam aplikasi Tinder. User
bisa memilih “yes” atau “no” ketika ada orang yang menarik berada di dekat
anda. Jika mereka sama-sama tertarik, user bisa saling chatting dalam
aplikasi ini. Simple ya!
Medium adalah
platform microblogging dimana anda bisa menulis cerita
mengenai pengalaman anda sendiri dan pendapat pribadi anda terhadap suatu topic
tertentu yang lagi hangat diperbicangkan oleh orang lain. User bisa
merekomendasikan artikel/cerita yang mana saja yang layak dibaca ke teman anda.
Lalu, anda bisa mengkurasi cerita yang menjadi favorit anda.
Vine adalah layanan
berbagi video selama enam detik. Selama enam detik, anda bisa merekam video apa
saja mengenai tingkah laku anda, video kucing yang lucu, atau bahkan iklan
produk terbaru dari perusahaan anda. Jadi, tidak jarang anda akan melihat
video-video kreatif, konyol, dan membuat perut anda terguncang karena melihat
video yang sangat lucu.
Bubblews adalah
website dimana anda bisa menciptakan tulisan (atau “bubble”), mem-follow teman,
me-like, dan berkomentar pada bubble orang lain.
Berbeda dengan jejaring sosial lainnya karena perusahaan ini akan
membayar user yang bisa menarik perhatian advertiser dan
membawa traffic. Bubblews saat ini hanya tersedia melalui website.
Kurang lebih Whisper
adalah aplikasi sosial media yang sama dengan Secret dimana anda bisa berbagi
rahasia secara anonym dan mengirim pesan langsung ke orang lain untuk meminta
pendapat tanpa orang itu tahu siapa diri anda sebenarnya.
SUMBER
:
Mashable
0 komentar:
Posting Komentar